Logo Vanco Technology Putih 2

Perbedaan HTTP dan HTTPS Serta Fungsinya

Table of Contents

Saat Anda mengakses sebuah situs maka yang perlu dilakukan adalah memasukkan alamat website yang akan Anda tuju. Nah pada saat menuliskan alamat website pada kolom bar address pastinya seringkali menjumpai tulisan HTTP atau HTTPS. Apa sih, perbedaan HTTP dan HTTPS?

Sebagai pengguna internet pastinya sudah pernah menjumpai protokol internet ini. Terlebih jika Anda adalah pemilik website atau blog yang mengharuskan menggunakan HTTP dan HTTPS saat membangun website.

Namun demikian apakah Anda sudah yakin mengenal dan perbedaan antara keduanya? Perbedaan HTTP dan HTTPS akan kami bahas secara lengkap. Kita akan mulai dari pengertian, perbedaan, dan keuntungan dari kedua jenis protokol tersebut.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Sekilas, HTTP dan HTTPS tampak sama. Meski demikian, fungsi keduanya memiliki pengaruh signifikan pada sebuah website atau blog. Pernahkah muncul sebuah pertanyaan kenapa website bisa diakses hanya dengan domain saja? Hal ini terjadi berkat adanya protokol HTTP.

HTTP

Apa itu HTTP? HTTP adalah singkatan dari (Hypertext Transfer Protocol) yaitu sebuah protokol jaringan (application layer) yang dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan proses transfer antar komputer.

Dengan protokol ini, pengguna bisa melakukan transfer file seperti dokumen, file, gambar, video, dan lain sebagainya. Di sini terjadi pertukaran informasi dari server dan client. Dengan kata lain HTTP berperan sebagai jembatan antara server dengan client.  Sehingga semua permintaan client pada server bisa ditampilkan di browser.

Penggunaan HTTP untuk transfer data bukannya tanpa masalah. Karena memang tidak terenkripsi sehingga banyak orang tidak bertanggung jawab mencari celah untuk disalahgunakan.

Beberapa contoh penyalahgunaan HTTP ini seperti pencurian data, dan phishing. Kemudian muncul pengembangan baru yaitu dari HTTP, yaitu HTTPS.

HTTPS

Apa itu HTTPS? HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan sebuah protokol untuk transfer data dalam jaringan internet, dimana S adalah simbol dari kata Secure yang berarti aman.

Dengan menggunakan HTTPS, maka proses tranfer data akan lebih aman. Karena jaringan akan terenkripsi. Sehingga lalu lintas data tidak bisa diintip sembarangan.

Perbedaan HTTP dan HTTPS bisa diamati ketika sedang mengakses website. Jika website tersebut sudah menggunakan protokol aman, maka ketika diakses melalui HTTP, akan langsung mengarah ke HTTPS.

Misalnya Anda mengakses http://www.vancotechnology.com maka akan langsung mengarah ke https://www.vancotechnology.com karena website tersebut telah menggunakan protokol aman.

Perbandingan Antara HTTP dan HTTPS?

Berdasarkan data survey dari SSL Labs, pada bulan Agustus 2021, terdapat 46.5% website yang telah menggunakan SSL Security HTTPS dari total 136.324 website yang di survey.

Artinya ada banyak website yang tidak peduli dengan aspek keamanan ini. Nah bagi Anda yang ingin membangun website yang profesional, sudah pasti harus menggunakan protokol HTTPS.

Protokol yang aman akan memberikan pengaruh banyak dan manfaat pada website Anda. Apalagi jika Anda ingin membangun website toko online. Aspek keamanan transaksi adalah prioritas utama.

Nah berikut ini adalah manfaat saat Anda menggunakan protokol HTTPS:

1. Pengaruh pada SEO

Google sendiri telah mengumumkan pada tahun 2004 bahwa HTTPS adalah salah satu faktor yang akan menentukan peringkat website di search engine result page. Artinya, sebuah website lebih dipercaya oleh mesin pencari.

Namun demikian, bukan berarti dengan menggunakan HTTPS peringkat website dapat  langsung meningkat. Tetap ada proses panjang yang harus dilalui. Dengan mengubah HTTP ke HTTPS, maka Anda sedang membangun kepercayaan di mata Google dan juga pengunjung website.

2. Pengaruh pada Pengguna

Pernahkah Anda menjumpai saat mengunjungi sebuah website dan di pojok kiri atas alamat domain website ada gembok dengan tulisan”secure” atau “ not secure”? Nah disinilah yang menjadi perbedaan antara situs aman dan tidak aman.

Sebagai pengunjung, saat melihat bahwa situs tersebut kurang aman maka kemungkinan besar mereka akan beralih ke situs yang lain. Dengan demikian maka situs yang tidak menggunakan HTTPS akan semakin besar peluangnya untuk ditinggalkan pengunjung.

Pengunjung pun akan merasa lebih aman karena data dan transaksi mereka telah dienkripsi dan terjamin keamannya. Selain itu karena website Anda dianggap aman, maka akan meningkatkan tingkat konversi pada website

Aritkel ini bermanfaat buat kamu? Share ke sosial media untuk berbagi pengetahuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This Post

Related Post

tips Marketing onlin bisnis b2b

Marketing online dalam bisnis ke bisnis (B2B) dapat sangat efektif dan membantu dalam membangun brand awareness dan mendapatkan leads baru. Berikut beberapa strategi marketing online

Read More »

Tips menjual di bisnis b2b

Berikut adalah beberapa cara untuk menjual secara efektif di bisnis ke bisnis (B2B): Kenali target pasar Anda: Sebelum Anda mulai menjual, pastikan Anda memahami dengan

Read More »

tips kencan online

Kencan online adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pertemuan dua orang melalui platform internet seperti situs web kencan atau aplikasi seluler untuk mencari teman kencan

Read More »

membuat apilkasi untuk iphone

Membuat aplikasi iOS bisa menjadi proses yang menantang, namun sangat bermanfaat ketika berhasil. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat diikuti untuk membuat aplikasi iOS:

Read More »

Membuat aplikasi android

Membuat aplikasi di Android dapat menjadi proses yang menantang, namun dapat sangat bermanfaat ketika berhasil. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat diikuti untuk membuat aplikasi

Read More »

Tips memilih hosting

Memilih hosting yang baik sangat penting untuk kesuksesan situs web Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih hosting yang baik: Dengan mengikuti tips di atas,

Read More »

tips membuat website

Membuat website memerlukan beberapa langkah dasar yang harus diikuti. Berikut ini adalah cara umum untuk membuat website: Semoga cara di atas dapat membantu Anda membuat

Read More »

Keunggulan Domain ID

Di dalam website, nama domain yang tepat adalah salah satu elemen yang penting. Dengan nama domain yang tepat, websitemu dapat lebih cepat dikenal orang. Pemilihan ekstensi domain

Read More »

Apa Itu Domain? Mengenal Fungsi serta Jenisnya

Pengertian domain Dalam pengertian secara harfiah, arti dari domain adalah sebuah bidang atau ruang kekuasaan, tempat di mana orang bebas beraktivitas secara otoritatif. Domain layaknya sebuah rumah, hanya pemiliknya yang

Read More »
Logo Vanco Technology Putih 2

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang Pengembang Teknologi Informasi, Jasa Inspeksi Periodik dan Konsultan Lingkungan yang berpusat di Sidoarjo.Saat ini kami telah melayani hampir seluruh pelosok negeri.

Layanan Kami

Produk IT

Alamat Kami

Perum Citra Harmoni Ruko Stamford Blok ST 1 No 38 Trosobo – Sidoarjo – Jawa Timur Telp. 03199792727 Whatsapp. 081212341257 © 2021 www.reksintech.co.id

Subscribe

© vancotechnology.com | Powered by reksintech.co.id | RRI